Halaman

Selasa, 05 Juni 2012

KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN



A. SISTEM
Sistem :   sekumpulan hal atau kegiatan atau elemen atau subsistem yang saling berhubungan atau yang dihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi guna mencapai suatu tujuan.
Karakteristik sistem :
1.    Mempunyai komponen
2.    Mempunyai batas
3.    Mempunyai lingkungan
4.    Mempunyai penghubung / antar muka
5.    Mempunyai masukan
6.    Mempunyai pengolahan
7.    Mempunyai keluaran
8.    Mempunyai sasaran dan tujuan
9.    Mempunyai kendali
10.  Mempunyai umpan balik / feedback

Keterkaitan antar komponen dan karakteristik suatu sistem








Jenis sistem
1.    Sistem fisik dan sistem abstrak
2.    Sistem alamiah dan sistem buatan manusia
3.    Sistem tertentu dan sistem tidak tertentu
4.    Sistem tertutup dan sistem terbuka

B. INFORMASI
Data   :  bahan keterangan tentang kejadian-kejadian nyata atau fakta-fakta yang dirumuskan dalam sekelompok lambang tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan atau hal.
Informasi : hasil pengolahan data sehingga mempunyai bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak langsung untuk masa yang akan datang.


Transformasi data menjadi informas

 
Fungsi informasi :
1.    Menambah pengetahuan
2.    Mengurangi ketidakpastian
3.    Mengurangi resiko kegagalan
4.    Mengurangi variasi yang tidak diperlukan
5.    Memberi standar, aturan-aturan dan keputusan yang menentukan pencapaian sasaran dan tujuan
Nilai informasi :
  • Kemudahan dalam memperoleh
  • Sifat luas dan kelengkapanya
  • Ketelitian
  • Relevan
  • Ketepatan waktu
  • Kejelasan
  • Fleksibilitas
  • Dapat dibuktikan
  • Tidak ada prasangka
  • Dapat diukur

C. MANAJEMEN
Manajemen :
•    Proses memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia untuk mencapai suatu tujuan.
•    Suatu sistem kekuasaan dalam suatu organisasi agar orang-orang menjalankan pekerjaan
Sumber daya : man, material, money, machine, method & information
Fungsi manajemen :
1.    Perencanaan
2.    Pengorganisasian
3.    Pembimbingan
4.    Pengawasan
5.    Penilaian

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar